Kamis, 30 Agustus 2012

Tugas Fakta dan Opini

MATA PELAJARAN            : BAHASA DAN SATRA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : XII/1
PROGRAM                : IPA/IPS

STANDAR KOMPETENSI
Mendengarkan
1.      Memahami informasi dari berbagai laporan

KOMPETENSI DASAR
1.1 Membedakan  antara fakta dan opini  dari berbagai laporan  lisan

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar siswa dapat:
1.         menyimak pokok isi laporan.
2.         mencatat pokok-pokok isi laporan
3.         membedakan kalimat  yang berupa fakta dan  yang berupa opini (pendapat)

TEMA
LINGKUNGAN

PENDAHULUAN

Fakta dan Opini dalam Laporan

Laporan merupakan kegiatan menyampaikan segala hal tentang sesuatu, misalnya kegiatan OSIS, perjalanan, atau pengamatan. Informasi apa yang Anda peroleh setelah mendengarkan laporan? Anda dapat mencatat informasi laporan yang berupa hal-hal penting dalam laporan. Hal-hal penting dalam laporan disebut juga pokok-pokok laporan. Pokok pokok laporan meliputi isi laporan, judul laporan, waktu pelaksanaan kegiatan, peserta, tempat atau lokasi yang dituju, tujuan mengadakan kegiatan, dan hasil kegiatan. Pokok-pokok laporan tersebut dapat berupa fakta dan opini.
            Fakta (bahasa Latin: factus) dalam istilah keilmuan merupakan suatu hasil observasi yang obyektif dan dapat diverifikasi. Fakta adalah sesuatu yang sungguh-sungguh terjadi atau yang benar-benar ada. Suatu pernyataan bersifat faktual jika disusun berdasarkan fakta dan dapat dibuktikan keberadaannya(Keraf, 1985). Kalimat fakta ialah kalimat yang memuat kenyataan, sesuatu yang benar-benar ada, terjadi, dan dapat dibuktikan keberadaannya, misalnya adanya benda,  waktu,  tempat,  peristiwa, maupun jumlahnya. Biasanya kalimat fakta sebagai jawaban dari kata tanya apa, siapa, kapan, dimana, atau berapa.  

Contoh:
Pada hari Sabtu, tanggal 5 Juli 2008 lima orang pembuat batik mendapat penghargaan dari pemerintah.

            Sedangkan opini adalah pendapat, pikiran, pendirian, pandangan, perspektif dan tanggapan mengenai suatu kejadian, keadaan, dan desas-desus tentang sesuatu hal. Oleh karena itu, kalimat opini adalah kalimat yang berisi pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang  tentang sesuatu. Umumnya  kalimat opini ini merupakan jawab-
an dari kata tanya bagaimana.
Contoh:
Batik buatan Ibu Rukmi sangat bagus dan halus.
Bacalah  contoh laporan kegiatan di bawah ini!



Laporan Kegiatan Observasi
Science Club SMA Hijau Kabupaten Bogor
Tanggal 5 – 6 Januari 2011

Untuk memperluas wawasan dan pengetahuan tentang keanekaragaman hayati, maka seluruh anggota ekstrakurikuler Science Club SMA Hijau Tahun Pelajaran 2010/2011,      dilibatkan dalam kegiatan observasi ke Taman nasional Way Kambas, Lampung. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 5 – 6 Januari 2011. Menurut Ketua Ekstrakurikuler Science Club, diharapkan seluruh siswa memperoleh pengetahuan baru yang didapatkan melalui sumber belajar secara langsung.
Kegiatan observasi tersebut diikuti oleh seluruh anggota Science Club kelas X dan XI yang berjumlah 50 orang yang dibagi ke dalam 10 kelompok. Setiap kelompok bertugas mengidentifikasi jenis flora dan fauna yang berhasil ditemukan di lokasi observasi yang didokumentasikan langsung melalui foto atau video. Selain itu, untuk memperkaya perolehan data, mereka bisa mendapatkan berbagai informasi secara langsung dari narasumber yang sangat kompeten di TamanNasional Way Kambas. Setelah kegiatan observasi yang dilakukan pada siang hari, lalu pada malam harinya diadakan diskusi seputar temuan dan masalah-masalah menarik lainnya yang berhubungan dengan kegiatan dan Taman Nasional Way Kambas merupakan perwakilan ekosistem hutan dataran rendah yang terdiri dari hutan rawa air tawar, padang alang-alang/semak belukar, dan hutan pantai di Sumatera.
Jenis tumbuhan di taman nasional tersebut, antara lain api-api (Avicennia marina), pidada (Sonneratia sp.), nipah (Nypa fruticans), gelam (Melaleuca leucadendron), salam (Syzygium polyanthum), rawang (Glochidion borneensis), ketapang (Terminalia cattapa), cemara laut (Casuarina equisetifolia), pandan (Pandanus sp.), puspa (Schima wallichii), meranti (Shorea sp.), minyak (Dipterocarpus gracilis), dan ramin (Gonystylus bancanus). Taman Nasional Way Kambas juga memiliki 50 jenis mamalia diantaranya badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis sumatrensis), gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus), harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), tapir (Tapirus indicus), anjing hutan (Cuon alpinus sumatrensis), siamang (Hylobates syndactylus syndactylus); 406 jenis burung diantaranya bebek hutan (Cairina scutulata), bangau sandang lawe (Ciconia episcopus stormi), bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus), sempidan biru (Lophura ignita), kuau (Argusianus argus argus), pecuk ular (Anhinga melanogaster); berbagai jenis reptilia, amfibia, ikan, dan insekta.
Menurut Bapak Sudarso, salah seorang Narasumber, selain kekayaan aneka ragam hayati di Taman Nasional Way Kambas, yang tak kalah menarik adalah Gajah-gajah liar yang dilatih di Pusat Latihan Gajah (9 km dari pintu gerbang Plang Ijo) dapat dijadikan sebagai gajah tunggang, atraksi, angkutan kayu dan bajak sawah.  Pada pusat latihan gajah tersebut, dapat disaksikan pelatih mendidik dan melatih gajah liar, menyaksikan atraksi gajah main bola, menari, berjabat tangan, hormat, mengalungkan bunga, tarik tambang, berenang dan masih banyak atraksi lainnya. Lebih lanjut Bapak Sudarso mengatakan bahwa atraksi tersebut merupakan atraksi unggulan dari Taman Nasional way Kambas yang selalu ditunggu-tungu pengunjung.
Menurut para peserta, selain menyaksikan atraksi gajah, obyek yang paling menarik dan berkesan adalah menelusuri sungai Way Kanan untuk mengamati satwa (bebek hutan, kuntul, rusa, burung migran),  dan hutan mangrove. S
Demikian laporan singkat kegiatan observasi yang dilaksanakan ekstrakurikuler Scien Club SMA Hijau. Semoga laporan ini bermanfaat.
                                                                                                Bogor, 8 Januari 2011
                                                               (dokumen pribadi dengan perubahan seperlunya)
BAHAN, ALAT, DAN SUMBER
Laporan kegiatan ekstrakurikuler






LANGKAH/PETUNJUK KEGIATAN
1.        Salah seorang siswa bertugas membacakan naskah yang berisi informasi di atas dengan intonasi yang baik di depan kelas.
2.        Siswa lain menyimak dan mencatat informasi-informasi penting yang disampaikan secara langsung sebagai bahan untuk menjawab pertanyaan bacaan dan identifikasi kalimat fakta dan opini yang terdapat dalam bacaan di atas!

Kegiatan/Latihan Ke-1:
Untuk menguji kemampuan Anda dalam mendengarkan laporan lisan, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan baik!
1.         Siapa yang mengadakan kunjungan Taman Nasional Way Kambas?
……………………………………………………………………………………………
2.         Tanggal berapa dilaksanakan kegiatan obdervasi tersebut?
……………………………………………………………………………………………
3.         Berapa jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut?
……………………………………………………………………………………………

4.         Apa tujuan yang diharapkan tercapai melalui kegiatan tersebut?
……………………………………………………………………………………………
5.         Kegiatan apa saja yang dilaksanakan peserta kegiatan selama berada di Taman Nasional Way Kambas?
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………

6.          Jenis tumbuhan apa saja yang terdapat di Taman Nasional Way Kambas?
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………

7.         Sebutkan pula hewan-hewan yang masih dapat kita temukan di sana?
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………

8.         Atraksi apa yang menjadi unggulan dan selalu ditunggu pengunjung Taman Nasional Way Kambas?
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
9.         Gajah yang sudah dilatih dapat digunakan untuk berbagai kegiatan. Sebutkan kegiatan  apa saja itu?
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………

10.     Obyek apakah yang dirasakan  paling menarik dan berkesan bagi para peserta kegiatan?
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………






Kegiatan/Latihan  Ke-2:

Tentukan kalimat-kalimat fakta dan opini yang terdapat dalam bacaan di atas!

No
Kalimat Fakta
Kalimat Opini
1

……………………………………..
……………………………………..
…………………………………….

…………………….…………………..
………………………………………..
……………………..………………….
2

……………………………………..
……………………………………..
…………………………………….

…………………….…………………..
………………………………………..
……………………..………………….
3

……………………………………..
……………………………………..
…………………………………….

…………………….…………………..
………………………………………..
……………………..………………….
4

……………………………………..
……………………………………..
…………………………………….

…………………….…………………..
………………………………………..
……………………..………………….
5

……………………………………..
……………………………………..
…………………………………….

…………………….…………………..
………………………………………..
……………………..………………….

70 komentar:

Nadya Wira Aditya mengatakan...

Nadya Wira Aditya
Kelas XII IPS 3

anisa ulfha mengatakan...

Anisa ulva s
kelas XII ips 3

fidelia yoko juliawati mengatakan...

Fidelia yoko juliawati
kelas : XII IPS 3

Siti Ania mengatakan...

siti ania
kelas : XII IPS 3

Yolanda Aurel mengatakan...

Yolanda Prima Lastar
kelas : XII IPS 3

deswiyana angginur mengatakan...

Deswiyana Angginursada S
Kelas XII IPS 3

Sugi mengatakan...

Sugi Anggraeni
Kelas XII IPS 3

Sugi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
intan nirmalasari mengatakan...

Intan nirmalasari
kelas XII IPS 3

rahma wati mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
rahma wati mengatakan...

Rahmawati
Kelas : XII IPS 3

Muhammad Iqbal mengatakan...

Muhamad Iqbal Syahputra
Kelas : XII IPS 3

suci ladyana mengatakan...

Suchi Ladyana
Kelas : XII IPS 3

Adi Nur iqbal mengatakan...

Nama: Adi Nur Iqbal
Kelas: XII IPS 3

Imron Rosyadi mengatakan...

Nama: Imron Rosyadi
Kelas: XII IPS 3

Febri fidaus mengatakan...

Nama: Febri Firdaus
Kelas: XII IPS 3

Febri fidaus mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Anggraini Surdianti mengatakan...

Anggraini Surdianti
Kelas : XII IPS 3

Muhammad Ade Noveryza mengatakan...

Nama: Muhammad Ade Noveryza
Kelas: XII IPS 3

latifah robiatul mengatakan...

latifah robiatul
kelas XII ips 3

Rahajeng Mintaningsih mengatakan...

Rahajeng M
XII IPS 3

Lia Mulyati mengatakan...

LIA MULYATI
XII IPS 3

Saras Pratiwi mengatakan...

Saras Yani Pratiwi
Kelas XII IPS 3

Erna Sari mengatakan...

Erna Sari
XII IPS 3

Ferra Ratna mengatakan...

Ferra Ratna
XII IPS 3

selmy ocrianto mengatakan...

Nama: selmy octrianto
Kelas: XII IPS 3

tantya evalusi wahyuningsih mengatakan...

Tantya Evalusi WahyuNingsih
kelas: XII IPA 3

Willy Hazmiludi mengatakan...

Muhammad Willy Hazmiludi
Kelas XII IPS 3

Julio Sitompul mengatakan...

Julio Tezar Abraham
Kelas XII IPS 3

Erwin Sunjaya mengatakan...

Nama: Erwin Sunjaya
Kelas: XII IPS 3

Desi Sri Utami mengatakan...

Nama : Desi sri utami
Kelas : XII IPS 3

Sri dina Herdini mengatakan...

Nama: Sri Dina Herdini
Kelas: XII IPS 3

tussa diah mengatakan...

nama : siti halimah tusadiah
kelas : XII IPA 3

tussa diah mengatakan...

Nama : Desi Duwi Arianti
Kelas : XII IPA 3

desi duwi mengatakan...

Nama : Desi Duwi Arianti
Kelas : XII IPA 3

desi duwi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
rizal satria mengatakan...

Rizal Satria Ramadhan
Kelas XII IPA 3

www.TIK YAHUI_Destina Listia Riski.blogspot.com mengatakan...

Destina Listia Riski
Kelas XII IPA 3

taufiq nurhuda mengatakan...

Taufiq Nurhuda
XII IPA 3

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI mengatakan...

M. Ridha. M
XII IPA 3

hikmat mutahir mengatakan...

Hikmat akbar M
XII IPA 03


blognya baagus pak...

juliyadi azjum mengatakan...

Juliyadi Azjum
kelas XII IPA 3

wisnu wardana mengatakan...

Wisnu Wardana
XII IPA 03

Hana Amalia Putri mengatakan...

hana amalia putri
XII Ipa 3

dhena aries mengatakan...

Dhena Ariesta Guptiana
Kelas : XII IPA 3

hetifa nurfa aries mengatakan...

Hetifa Nurfa CUTEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE
Kelas :XII IPA 3

arisma auliany mengatakan...

nama : Arisma Auliany
kelas: XII IPA 3
aku syudah ya paaak!!

Irma Nurulytasari mengatakan...

nama :Irma Nurulytasari
kelas : XII IPA 3
aku juga sudah ya paaak!

ayu maulidia azzahra mengatakan...

Nama : Ayu Maulidia Azzahra
Kelas : XII IPA 3
aku sudah lhoo pak

Isti Ainiyah ch. mengatakan...

ISTI AINIYAH CHAIRUNNISA
XII IPA 3

Anriyani mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Anriyani mengatakan...

Nama : ANRIYANI
Kelas : XII IPA 3

Annisa Saskia Azhardiana mengatakan...

Annisa Saskia Azhardiana
XII IPA 3

Laras jenong mengatakan...

pak ini saya DWI LARASATI dari kelas XII IPA 3 yang paling kece #abiiis

Mulyati mengatakan...

Mulyati
Kelas: XII IPA 3

ghodel dilah mengatakan...

bapake ini dillah NURUL FADILLAH XII IPA 3,,,
udah ya pak,, @fadillah_ghodel kita berbagi di twitter yuuu

leli nurlaeli mengatakan...

Nurlaeli
Kelas XII IPA 3

irawanti fajar mengatakan...

IRAWANTI FAJAR
KELAS XII IPA 3 :)

Arum Kusvita mengatakan...

Arum Kusvitasari
XII IPA 3

Risma Yanti mengatakan...

Risma yanti
XII IPA 3

riska indriyani mengatakan...

Riska Indriyani
XII IPA 3

yeyen rathnita mengatakan...

Yeyen Rathnita M
XII IPA 3

hesti yulianti mengatakan...

Hesti Yulianti
XII IPA 3

Evi lasmawati mengatakan...

Evi Lasmawati
XII IPA 3

Tryza Fazriani mengatakan...

Assalamualaikum :-) Nama saya Tryza Fazriani kelas XII IPA 3

Aulia ramawati mengatakan...

Aulia dwi ramawati
kelas XII ipa 3

Aulia ramawati mengatakan...

Aulia dwi rahmawati
kelas XII ipa3

nuraeni mengatakan...

nuraeni
XII IPA 3

tamanudin mengatakan...

TAMANUDIN
XII IPA 3

Rizki Anta Aksari mengatakan...

Rizki Anta Aksari
Kelas XII Ipa 3

Lagu The NexT - Shofie

The Next Band